Pertama Kali di Dunia, Blogger Jadi Anggota DPR

 

Jeff Ooi in 2005.

 

SEORANG blogger tulen, Ooi Chuan Aun yang akrab dipanggil Jeff Ooi berhasil memenangkan kursi DPR dalam Pemilu Malaysia yang digelar Sabtu (8/3). Jeff bakal tercatat sebagai blogger pertama di dunia yang sukses di bidang politik, dengan sepenuhnya mengandalkan ketenaran dirinya dan popularitas blognya.Jeff yang maju sebagai caleg dari partai DAP, mencatat kemenangan mutlak di daerah pemilihan Jelutong, Pulau Pinang. Menurut pengumuman resmi Suruhan Pilihan Raya (semacam KPU), Jeff meraih dukungan 30.493 suara. Jauh mengungguli dua pesaingnya, Thor Theong Gee (BN/14.247 suara), dan calon independen Badrul Zaman bin PS (882).Jeff adalah salah satu blogger paling ngetop di Malaysia. Nama blog pria keturunan Cina ini Screenshots. Kebanyakan postingannya berupa berita politik serta panduan membuat dan mengelola blog; serta galeri foto-foto hasil bidikannya. Dia memang seorang fotografer dan ahli ITBlogger tulen dan profesional

Hampir semua caleg kubu koalisi dalam pemilu adalah blogger. Artinya mereka membuat blog sendiri, untuk mengkampanyekan pendirian politik dan program-program yang ditawarkan. Anwar Ibrahim sendiri, yang kian mencuat sebagai lokomotif reformasi, memiliki satu blog dan satu website. Dan tentu saja dia berhak menyandang sebutan blogger.

Namun ada perbedaannya. Bagi para politisi blog adalah media alternatif paling mudah dan aman dari jangkauan intelijen pemerintahan Badawi.Pasalnya, rasa takut terhadap pemerintah masih kuat sekali, sehingga nyaris tidak ada media Malaysia yang mengekspos kegiatan kampanye oposisi.

Tapi bagi Jeff Oii, blog adalah media ekspresi dan aktualisasi diri. Screenshots dia luncurkan sejak 2 Januari 2003. Didedikasikan untuk mengabarkan berita-berita terkini di Malaysia, liputan utamanya adalah masalah politik dan fotografi. Sambil mengelola blog Jeff melayani tutorial pembuatan blog dan pengelolaan IT.

Buah dari ketekunannya, Jeff kemudian menjelma jadi blogger paling berpengaruh di Malaysia. Antara Maret sampai 10 Maret 2006 saja, katanya, banyaknya data yang di-download pengunjung dari blognya 51 gigabytes. Pada 2005, Screenshots memenangkan anugerah Freedom Blogs Awards untuk kategori Asia, dari organisasi Reporters Without Borsders.Jeff Ooi adalah pengasuh forum fotografi bernama Lensa Malaysia, dengan pengunjung sampai 200.000 orang per bulan.

Menurut Wikipedia, dia juga pendiri dan pengelola USJ dan Subang Jaya, serta pemilik forum komunitas usj.com.my. Jeff juga disewa oleh CNET Asia sebagai blogger teknis. Dia menamakan blognya di domain CNET Asia : Lemak Lemang.

Sepenuhnya mengandalkan blog.

Kisah terjunnya Jeff sebagai caleg dalam pemilu ini, ternyata lantaran pernah ditantang pimpinan partai Democratic Action Party (DAP), yaitu pada 2006. Sebelumnya dia pernah menjadi anggota Gerakan Rakyat Malaysia (Malaysian People Movement), yang termasuk Barisan Nasional. Dia resmi bergabung dengan DAP 31 Juli 2007.

Nah, untuk mengkampanyekan dirinya dan program-programnya, pria keturunan Cina berusia 52 tahun ini tinggal mengoptimalkan sejumlah blog yang dimilikinya. Bahkan, dia tidak segan-segan minta donasi dari para pengunjung blognya, yang ternyata mendapat respopon positif.

Dalam postingan terbarunya kemarin, Jeff Ooi melaporkan bahwa uang yang terkumpul dari masyarakat untuk kepentigan kampanyenya total 113.000 ringgit. Berarti ada kelebihan 13.000 ringgit dari ketentuan aturan pemilu mengenai besarnya sumbangan yang boleh diterima dari masyarakat.

Jeff terjun sebagai caleg sangat tepat momentumnya, ketika UMNO dan Barisan Nasional sedang mengalami kemunduran lantaran persoalan internal, dan akibat arogansi rezim Badawi yang membuat rakyat makin antipati, terutama kalangan minoritas India yang merasa dianaktirikan.

Sebagai sesama blogger tentu kita ikut merasa senang, dan mari kita ucapkan selamat atas terpilihnya Jeff sebagai anggota Dewan di parlemen Malaysia. Kita harapkan dia tetap ngeblog, kendati pekerjaan seorang anggota Dewan pasti bejibun. Salam Blogger! (Robert Manurung)

Iklan

Tag: , , , , , , , , , ,

25 Tanggapan to “Pertama Kali di Dunia, Blogger Jadi Anggota DPR”

  1. danalingga Says:

    Ternyata blog memang punya kekuatan.

  2. Ersis W. Abbas Says:

    Hebat … selamat … memang dia orang hebat Pak. Blognya juga hebat. Cocok saja. Perlu kita ikuti jalannya?

  3. Sawali Tuhusetya Says:

    wew… pertanda baik bagi para bloger untuk terjun ke kancah politik. bung robert gimana?

  4. Febra Says:

    itulah salah satu kelebihan blog 😎

  5. Humbang Hasundutan Says:

    Ayo bung Robert, kesempatan serupa terbuka bagi anda. Ayo, merdekakan anggota-anggota dewan yang belum merdeka itu.

  6. dewi Says:

    ehmm….
    di Malang, bulan depan ada Pilkada
    bentar lagii…Pilgub di Jatim…

    setelah tahun depan, ada pemilu…
    BLoGgers…. mau pilih aku di Pemilu 2009 nggak?

    Yach…kalo di Msia ada BLogger pria jadi wakil rakyat, nah…. di Indonesia ada Blogger Cewek jadi anggota DPR RI…he3 πŸ™‚ πŸ˜‰ πŸ˜€ πŸ˜›

  7. nirwan Says:

    πŸ˜€ info menarik. bisa jadi rujukan. sekecil apa pun kekuasaan itu, dia tetap bisa membuat hati gelisah.

  8. mybenjeng Says:

    saya ngeblog bukan untuk jadi anggota DPR lho… πŸ™‚

  9. norie Says:

    tentunya itu berlaku bagi blogger yang memberikan identitas jelas, bukan blogger hantu.

  10. ame Says:

    Salam dari Malaysia,

    Muak & benci! dengan berita di TV, Newspaper, yg begitu menyebelahi dgn kerajaan malaysia menjadikan utusan/berita dari web, blog contohnya sebagai berita alternative kepada rakyat malaysia.

    Since kandungan web/blog tidak dapat dipinda oleh kerajaan malaysia, suaraΒ² kebenaran berbanding dari berita di tv dan newspaper.

    Di malaysia tv dan newspaper hanya sebagai penyebar propaganda kerajaan pusat. Dan masih begitu sehingga sekarang.

  11. Rey Says:

    semoga gwe suatu saat bisa seperti dia

  12. Robert Manurung Says:

    @ danalingga

    begitulah kawan. Ini sebuah fenomena yang sebentar lagi akan menjadi gejala universal, karena blog punya banyak kelebihan dibanding jenis media lain. Salah satunya : sifat interaktif blog lebih intens.

    @ Ersis W Abbas

    Abang punya peluang untuk jadi pelopor blogger-politician di Indonesia.

    @ Sawali Tuhusetya

    Aku rasa yang sudah jelas kekuatan jaringan dan akar rumputnya adalah Pal Sawali. Aku akan ikut kalau dua syarat itu sudah cukup kuat. Kalau pak Sawali jadi anggota DPR, ada harapan pendidikan kita akan berubah paradigmanya dari sekadar ‘pabrik kuli” hehehe…

    @ Febra

    Betul. Itulah salah satu kelebihan blog : memunculkan anggota DPR yang terampil nulis dan pandai berkomunikasi.

    @ Humbang Hasundutan

    Terima kasih atas dorongannya Lae. Ditambah dari Pak Sawali, sudah pasti aku akan dapat 2 suara kalau ikut jadi caleg hari ini juga hehehe….

    @ dewi

    Setuju, setuju. Malang selalu punya nyali untuk jadi pelopor. Btw apakah kera ngalam kalau nyebutin blog dibalik jadi golb ? Sekadar ingin tau aja hehehe…

    @ nirwan

    Terima kasih Lae. Jeff Ooi ini adalah bagian dari fenomena blog yang mencuat dalam Pemilu Malaysia baru-baru ini. Mayoritas caleg dari barisan oposisi memiliki blog. Alasan utamanya : karena media massa dishriminatif terhadap barisan pembangkang–istilah Malaysia untuk oposisi. Horas!

    @ mybenjeng

    Ya Mas, jadi Walikota atau Bupati aja deh hehehe…

    @ norie

    Wah benar juga tuh. Aku jadi merasa tersindir, karena di blog aku yang satu lagi aku pakai nama samaran. Tapi susahnya kalau mau kuubah, nama samaran itu sudah terlanjur ngetop. Gimana dong ?

  13. arwana Says:

    hebat euy.. huahahahaa baru tau yaa blogger itu dasyat… artikel ini aku posting di lintasberita.com lhoo

    http://www.lintasberita.com/Dunia/Pertama_Kali_di_Dunia_Blogger_Jadi_Anggota_DPR/

  14. Agus Simatupang Says:

    Selamat kepada Jeff Ooi yang sudah memengkan apa yang telah diusahakannya.
    Ini bisa dijadikan contoh yang baik buat saya.
    Mudah-mudahan jejaknya bisa diikuti oleh para blogger yang lain, mungkin tidak sebagi politisi tetapi disemua bidang.

  15. Robert Manurung Says:

    @ arwana

    Aku sudah bertandang ke lintasberita.com. Menarik. Tapi tolong jelaskan bagaimana cara kerja Anda dan mungkin ada perangkat nilai yang dijadikan pedoman.

    btw terimakasih sudah mengapresiasi artikelku dengan dimuat di lintasberita.com. Semoga sukses.

    @ Agus Simatupang

    Mantap kali komentar Lae. Cocok-lah.

  16. dobelden Says:

    aku kira di indonesia….

  17. Ivan Says:

    wah saya kira di indonesia nih. harusnya banyak anggota dpr yang pada ngeblog yah.

  18. fahroe Says:

    klo blogger jadi anggota DPR

    yang tukang komentar di blog jadi apa ya….???

  19. togarsilaban Says:

    Ada juga beberapa anggota DPR yang punya website,dan punya blog. Tapi isinya dituliskan orang lain, jadi ya menurut aku mereka belum bisa disebut blogger kan. Yang blogger itu ya kayak lae Robert ini.

  20. himio Says:

    saluut
    himio.890m.com

    himio juga amat kagum

  21. Gubernur Blog, apa Blog Gubernur? - Komunitas Blogger lampung Says:

    […] malaysia, seorang blogger tulen malah menang dalam pemilihan anggota dewan,Β  dan mungkin akan ada di pemilu tahun depan seorang (atau bahkan lebih) blogger ikut pemilu dan […]

  22. Nanank Says:

    Di kendari lagi ramai – ramainya cari simpatisan n sudah mulai mencari massa. banyak Caleg-Caleg Partai “Bergentayangan” he…he…he…
    Banyak yg lagi cari konveksi dan percetakan untuk mencetak atribut pilkada
    mereka bergentanyangan mencari percetakan
    ada memang anggota dewan yang punya website dan blog tapi isinya dibuatkan ma orang lainnn… kwekkeeekeeekk (Pilihlah CALEG Yang SDMnya DIJAMIN) jangan asal pilih!!! LIHAT Ooi Chuan Aun ini baru seorang CALEG yang punya Potensi okeoke

  23. RONY SUHARTONO Says:

    Selamat
    Saya kira saatnya kita mengoptimalkan kehebatan tehnologi terutama IT dalam rangka lebih mampu menyerap aspirai masyarakat dan mengemban amanah sbg pelayan rakyat. Bagi rekan-rekan CALEG yang butuh atribut klik di WEB kami : http://www.radja_kaos.indonetwork.co.id atau kontak saya di : 0819-0872-3003

    Selamat

  24. Aniek Says:

    Hebat dong anggota DPR ngeblog. Sudah saatnya memang anggota dewan mengetahui IT. Tetapi banyak juga anggota dewan di daerah yang sama sekali dak ngerti soal IT, padahal di daerah tersebut semua anggota dewan dibekali laptop

  25. ndy Says:

    Sudah saatnya bnyk org tau ttg blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: