Grup Ozomatli Jam Session dengan Viky Sianipar

 

Ozomatli performing in August 2007
Ozomatli, band peraih Grammy Award

 

KEJUTAN luar biasa! Grup musik peraih Grammy Award, Ozomatli dari Los Angeles (AS) mendadak muncul di TobaDream Cafe di bilangan Manggarai, Jakarta Selatan, Rabu siang (26/3). Mereka mencari arranger muda Viky Sianipar yang juga pembaharu musik Batak, lalu mengajaknya jam session selama dua jam di kafe tersebut. Terjadilah dialog antarbudaya lewat nada dan passion.

Viky dan sobatnya Martogi Sitohang melayani ajakan itu dengan antusias dan gairah menjelajah. Dengan kepiawaian memainkan alat musik tradisional Batak; Viky pada tagading dan Martogi pada seruling; mereka berhasil melumuri musik hip-hop yang menjadi corak utama Ozomatli dengan warna dan jiwa musik Batak.

Ozomatli memperlihatkan kelasnya sebagai grup musik kelas dunia dengan kemampuan belajar dan adaptasi yang sangat cepat. Mereka langsung bisa memainkan theme song TobaDream–karya Viky yang sangat kental dengan irama gondang Batak; hanya beberapa saat setelah mendapat penjelasan dari sang komposer.

 

Viky dan Martogi pun mampu mengimbangi permainan grup yang diperkuat 9 personil itu, dengan respon dan timing yang pas; membuat percakapan musik mereka mengalir lancar dan mesra.

 

Karena tidak direncanakan, Jam Session yang langka dan luar biasa itu berlangsung tanpa kehadiran penonton. Hanya beberapa staf Kedutaan Besar AS dan segelintir anggota Komunitas TobaDream yang beruntung menikmati atraksi mereka yang sungguh memikat.

 

Sehari sebelumnya Ozomatli telah memukau penonton di Gedung Kesenian Jakarta; dengan suguhan musik hip-hop, samba, reggae, funk dan disco latin. Harian Kompas pada edisi Rabu (26/3) memuji penampilan mereka yang atraktif dan komunikatif. Viky juga memuji kualitas grup musik dari Los Angeles ini. Mereka akan tampil di Bellagio Complex Atrium, Kuningan, Jakarta pada pukul 21.00 WIB Kamis (27/3) ini. Selanjutnya Ozomatli bakal menutup turnya ke Indonesia dengan menggelar konser di Palembang akhir bulan ini.

 

“Jujur, aku sangat beruntung bisa jam session dengan mereka,”tutur Viky sambil mengakui masih merasa heran dengan kehadiran Ozomatli di markasnya itu. “Secara individual mereka umumnya memiliki intelijensi yang tinggi. Dan secara tim mereka sangat kompak, masing-masing sudah tahu tugasnya dan tidak egos,”ucap Viky.

 

Viky vegetarian karena solider

 

VIKY adalah musisi dan arranger otodidak berbakat besar. Putra bungsu pengusaha kargo Monang Sianipar ini telah menelorkan 6 album; tiga di antaranya berupa album trilogi TobaDream. Di blantika nasional Viky cukup disegani sebagai salah satu pendekar world music, bersama Balawan dan Gilang Ramadhan. Lagu hits Viky yang cukup dikenal masyarakat Indonesia adalah Piso Surit, yang terdapat dalam album TobaDream 2.

 

Selain menggeluti musik, Viky juga terlibat secara total dalam gerakan penghijauan dan bantuan sosial. Pada 3 Maret lalu Viky bersama Komunitas TobaDream telah memulai gerakan penanaman pohon di Samosir. Pada saat yang sama dia juga aktif menggalang dana untuk pengadaan air bersih buat desa Partungkoan di Samosir, lantaran iba melihat penduduk setempat harus berjalan sejauh 4 kilometer untuk mendapatkan air bersih.

 

Yang paling mengherankan bagi keluarga dan kawan-kawan dekatnya, hampir setiap bulan Viky harus “mudik” ke Samosir, dan dia lebih senang menginap di rumah penduduk daripada di hotel. Padahal sebagai anak orang kaya dan musisi yang cukup sukses, sebenarnya Viky mampu menginap di hotel bintang lima.

 

Namun masih ada lagi yang membuat kawan-kawannya geleng-geleng kepala melihat perubahan sikap hidup musisi kelahiran Jakarta ini. Sejak beberapa bulan lalu, pria berdarah Batak yang menikah dengan perempuan Sunda ini tiba-tiba berpantang makan daging. Ternyata penyebabnya adalah timbulnya semacam rasa bersalah dan sikap solider dalam sanubarinya, setelah menyaksikan dari dekat kehidupan orang-orang miskin di Samosir.

 

“Mereka miskin banget. Belum tentu sebulan sekali mereka makan daging,”katanya.

 

http://www.ayomerdeka.wordpress.com

Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

2 Tanggapan to “Grup Ozomatli Jam Session dengan Viky Sianipar”

  1. nesia Says:

    ada yg mengabadikannya ga lae?

  2. Robert Manurung Says:

    @ nesia

    Ada. Stafnya Pak Monang Sianipar, yaitu Antoni Sinaga. Apakah Lae perlu foto-fotonya ? Kalau mau lebih jelas lewat email japri aja Lae. Masih ingat kan adres email beremu ini ?

    Mauliate. Horas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: