Setan Merah Berjaya

ronaldo dan trofi juara

Oleh : Robert Manurung

SUNGGUH sebuah sukses yang dramatis dan inspiring. Oh ya, Anda perlu diingatkan : ini kisah tribalism versi moderen dari dunia sepakbola—puncak menara budaya pop, yang merasuki jiwa kaum muda di seluruh dunia melebihi agama dan politik. Ini kisah perjuangan dan kejayaan Setan Merah, julukan klub Manchester United, yang mampu bertarung percaya diri dan kreatif meski dalam tekanan berat, dan akhirnya merebut gelar juara Liga Inggris 2007-2008.

MU, inisial Manchester United yang lebih populer di seluruh dunia dibanding nama PBB, memenangkan trofi yang sangat prestisius itu setelah menundukkan tuan rumah Wigan Athletic 2-0. Sebaliknya saingan utamanya, Chelsea, hanya mampu draw 1-1 dengan tim tamu, Bolton Wanderers. Kedua pertandingan itu digelar tadi malam di tempat berbeda, namun pada waktu bersamaan.

* * *

DI JJB Stadium, di bawah guyuran hujan yang membuat lapangan licin, MU mengawali pertandingan di bawah tekanan serangan gencar tim tuan rumah, yang didukung suporternya dengan kegairahan seperti penonton di arena zaman Romawi : menanti sang gladiator membunuh singa. Ternyata singa-singa MU-lah yang berjaya. Christiano Ronaldo mengeksekusi penalti dengan tenang pada menit 33, kemudian dilengkapi gol dari pemain veteran Ryan Giggs menit ke-80.

Pada waktu yang sama di Stadion Stamford Bridge, London, dengan dukungan menggelora dari suporter yang haus kemenangan; para pemain Chelsea justru mati kutu akibat tekanan ambisi sendiri. Sepanjang babak pertama, mereka tak punya inisiatif serangan yang terorganisir, cepat dan menekan seperti biasanya. Padahal, Bolton tidak memberikan tekanan berarti.

Pasukan Chelsea kian tertekan dan melempem setelah tahu MU unggul 1-0 atas Wigan. Semangat anak-anak asuhan pelatih Avram Grant itu memang sempat bangkit sejenak, di pertengahan babak kedua, berkat gol Andriy Shevchenko pada menit 62. Namun 18 menit kemudian spirit mereka benar-benar runtuh, lantaran pasukan MU yang dipimpin pelatih Alex Ferguson menambah keunggulan menjadi 2-0, lewat sontekan Ryan Giggs.

Dan akhirnya, Chelsea benar-benar hancur lebur, setelah Bolton menyamakan kedudukan menjadi 1-1, lewat gol Matt Taylor pada detik-detik terakhir menit ke-90.

* * *

APA boleh buat, tentunya tak ingin dicerca oleh pers Inggris sebagai manusia tak tahu adat; Grant pun mengucapkan selamat atas sukses MU. “Selamat buat Manchester United,” ujar Grant seperti ditulis kantor berita reuters.

logo manchester united.jpg

“Mereka telah menjalani musim yang luar biasa,”sambung pelatih asal Israel itu sembari menandaskan,” Aku telah mengirimkan ucapan selamat kepada Alex Ferguson. Dia manajer yang hebat dan pribadi yang menyenangkan. Secara pribadi aku menyukainya. Aku harapkan yang terbaik buatnya.”

Padahal, hingga beberapa jam sebelum kedua tim berjuang menentukan takdir masing-masing, Grant dan sejumlah pemain Chelsea masih melancarkan perang urat syaraf yang tiadak elegan terhadap MU. Melalui media massa, mereka menyebarkan prasangka buruk bahwa kemungkinan Wigan akan memberi kemenangan kepada MU. Pasalnya, Steve Bruce yang menukangi Wigan adalah mantan pemain Setan Merah.

Itu intimidasi yang sangat jorok dan merusak atmosfir sportmanship. Kesannya, seolah-olah MU tidak mampu mengalahkan Wigan melalui pertandingan yang fair, dan seakan-akan Chelsea sudah pasti bakal menang atas Bolton.

Perang urat syaraf adalah bagian dari semangat kompetisi yang merupakan rohnya olahraga. Tapi, intimidasi seperti yang dilancarkan kubu Chelsea adalah sikap yang tidak menghormati lawan dan menyangkal karakter utama dunia olahraga itu sendiri, yaitu ketidakpastian. Kalau hasil pertandingan sudah bisa dipastikan sebelum kick-off, olahraga mati !

* * *

SUKSES di dunia olahraga kadang terjadi secara instan. Tapi itu dulu, ketika olahraga masih bersifat amatir, dan disebut kejutan. Namun di era profesionalisme sekarang ini, kejutan adalah sesuatu yang semu. Cuma hiasan kata-kata dalam reportase media. Sejatinya, sukses adalah hasil dari prosedur yang benar dan prosesnya berkelanjutan.

Coba kita diskusikan, seandainya tim nasional Nigeria atau timnas Afrika lainnya menjuarai Piala Dunia yang akan datang, apakah Anda menyebutnya kejutan ? Menurutku, itu bukan kejutan. Tapi kalau tim nasional kita lolos ke Piala Dunia, nah itu baru kejutan .

Kenapa ? Karena pusat kehidupan sepakbola sekarang ini adalah kompetisi klub-klub di Eropa. jadi, tak usah mimpi ikut bicara di pentas dunia kalau tak punya pemain di salah satu klub Eropa. Dan sebaliknya, banyak tim nasional yang menderita karena pemain-pemain andalannya menjadi pemain utama di klub-klub papan atas Eropa.

Sepakbola Eropa memang sudah benar-benar menjelma menjadi industri. Soal perputaran uang adalah cerita kuno, termasuk semakin gilanya nilai transfer dan gaji pemain. Cerita paling aktual adalah perilaku kapitalistik klub-klub Eropa, yang “mempekerjakan” para pemain sampai terkuras habis energi fisik dan batinnya.

Selain itu, tak satu pun remaja di bumi ini yang luput dari perhatian klub-klub raksasa semacam MU, Real Madrid, AC Milan, Chelsea, Arsenal, Barcelona dan Inter Milan. Kalau ada pemain berbakat, biar pun masih berusia 10 tahun, langsung diikat dan dipagari dengan kekuatan uang mereka.

Ya, uang sudah menguasai sepakbola moderen, sehingga permainan kaya imajinasi ala Amerika Latin menjadi punah. Ronaldinho sudah habis, dan Messi yang masih belia menjadi langganan cedera. Dalam hal inilah MU berbeda dan istimewa.

* * *

Tag: , , , , , , , , , , , ,

8 Tanggapan to “Setan Merah Berjaya”

  1. Toga Says:

    Gara2 suka MU (Ajax dan Milan), semua kendaraanku selalu kucat merah.😀

  2. Ikhwan Says:

    wah pengamat juga bapak nie…bagaimana pak,rumput seperti di old trafford bisa tidak ya kita tanam di stadion siliwangi…

  3. cempluk Says:

    sukses buat setan merah..

  4. maxbreaker Says:

    MU memang bermental juara! Salut untuk MU!
    Saya yakin MU akan meraih double winners tahun in!
    salam kenal Mas🙂

  5. forex jakarta Says:

    Hidup MU juara premiere… Dan bantai chelsea di final champion…
    Oiya saya sudah pasang link anda di blog saya, Mohon anda link back yah..

    Terima Kasih, Sukses selalu buat anda..

  6. nindityo Says:

    selamat buat MU (dulu suka sampai beckam dibuang)
    jangan sedih chelsea .. masih ada hari esok

  7. jokosarwono Says:

    hidup Chelsea……!!!….lho?…:)

  8. Chelse jdkn kekalhnmu untk mendapatkn kemenangn di 2008-2009 Says:

    Edo_artur@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: