Mahasiswa Umur 19 Tahun Terpilih Jadi Walikota

hammons.jpg

Hammons (kanan), wali kota termuda di dunia

KALAU melihat yang aneh-aneh, biasanya orang akan ngedumel,”Memang, dunia sudah semakin tua”. Tapi bagi 38.000 penduduk Kota Muskogee di negara bagian Oklahoma, Amerika Serikat, celetukan itu tidak berlaku.

Justru sebaliknya, mereka menyambut gembira kejadian aneh tapi nyata, yaitu terpilihnya seorang mahasiswa berumur 19 tahun menjadi walikota mereka yang baru.

John Tyler Hammons, nama anak muda itu. Mahasiswa tingkat pertama di University of Oklahoma. Mungkin dia lebih muda dibanding usia rata-rata blogger Indonesia. Pekan depan, dia akan dilantik sebagai Wali Kota Muskogee County.

Dia masih tetap ingin meneruskan kuliahnya, tapi kemungkinan harus pindah ke universitas lain yang kampusnya lebih dekat ke Kantor Wali Kota.

Hammons memenangkan “pilkada” Muskogee County, Selasa kemarin (13/5), dengan meraih dukungan pemilih sampai 70 persen. Tidak tanggung-tanggung, lawan yang dikalahkan oleh young gun ini adalah mantan wali kota dua periode sebelumnya, Hershel Ray McBride. Sedangkan wali kota incumbent atau yang sedang menjabat, Wren Stratton, tidak ikut pemilihan.

“Kepercayaan masyarakat pada saya adalah segalanya, dan ini pengalaman paling hebat dalam hidupku,”ucap walikota termuda di dunia ini kepada kantor berita Associated Press.

Yang paling tidak masuk akal dalam peristiwa yang luar biasa ini, Hammons bukanlah seorang politisi, tapi toh mampu mempecundangi seorang politisi kawakan di Kota itu. Dan lebih mencengangkan lagi, anak muda ini maju ke “pilkada” tanpa dukungan parpol sebagai mesin politik. Dia tampil sebagai calon independen.

McBride, saingannya, juga maju sebagai kandidat independen. Selain mereka berdua, ada empat kandidat lain ikut bersaing. Pada ronde pertama, tak satupun yang meraih suara 50 persen, syarat minimum untuk memenangkan pemilihan. Sungguh mengejutkan, Hammons memenangkan putaran kedua dengan telak.

Bagusnya, dalam suasana glory atau berlumur kemegahan, Hammons tetap mampu berpikir jernih dan menilai kemenangannya dengan obyektif. Dia bilang, rakyat sudah sebal terhadap politisi. “Kepercayaan masyarakat adalah modal utama saya untuk memecahkan berbagai persoalan di sini.”

Selaku wali kota, atau bahasa sononya major, Hammons akan memimpin Dewan Kota beranggotakan sembilan orang. Merekalah yang memutuskan secara kolektif kebijakan-kebijakan yang sesuai aspirasi warga. Menurut wali kota yang masih nampak ABG ini, anutannya sebagai pemimpin nantinya adalah transparan terhadap warga.

Sayangnya, berita sensasional ini tidak dilengkapi informasi kehidupan sehari-hari John Tyler Hammons. Kan asyik juga untuk tahu, apakah dia seorang blogger, dan seandainya dia punya pacar, bagaimana mengatur waktu antara tugas pemerintahan, kualiah dan nge-date.

——————————————————————————–

http://www.ayomerdeka.wordpress.com

Iklan

Tag: , , , , , , , , ,

21 Tanggapan to “Mahasiswa Umur 19 Tahun Terpilih Jadi Walikota”

  1. Ersis Warmandyah Abbas Says:

    Wow … semoga menjadi inspirasi bagi pemimpin Indonesia yang suka tua-tua he he … Umurnya ngak sampai separoh umur saya. Walau utk kota kecil, tapi kejutannya cukup menghentak. Salam.

  2. eko andi Says:

    wah..wah..wah…, kayaknya masyarakat disana sangat sebel dengan politisi ya, sampai memilih calon alternatif. Kalo boleh saya mengira-ira, ada beberapa hal yang bisa diketahui dari fakta kemenangan ini. Pertama, si John Tyler Hammons ini pastinya sudah meng-up grade dirinya lebih awl dari remaja seusianya, mungkin dia sejak kecil sudah belajar menghadapi persoalan “politik”. Kedua, ini membuktikan bahwa masyarakat amerika sudah sangat percaya pada SISTEM, sehingga siapa saja yang mimpin pasti akan bagus hasilnya, bahkan bila dipimpin oleh anak muda yang tidak berpengalaman sekalipun. Ada istilah yang pernah saya dengar, walaupun yang mimpin amerika itu kelinci, misalnya, pemerintahan pasti akan tetap berjalan baik karena SISTEM yang udah bagus, termasuk pengawasan. 🙂

  3. Andra Says:

    Wah.. mau dong jadi walikota 😀

  4. FaNZ Says:

    kereeeeeeeeeeeenn saya aja masi 19 blom bisa apa²
    slamat² slamat²
    saludd

  5. bangzenk Says:

    salut nih, tapi banyak contoh yang lebih fenomenal kok.. hanya kadang kita kurang peka.. ini baru walikota.. kalo panglima perang? ada Napoleon, ada Khalid bin Walid.. yang kedua ini usia 17 tahun sudah memimpin pasukan perang dan selalu menang.

    salamhangat.
    berbagi cerita..

  6. abahoryza Says:

    jadi penasaran nyalon jadi gubernur lampung nih, siapa tau jadi gubernur!

  7. petak Says:

    kalo Di Indonesia bisa juga ga ya?

  8. sapri Says:

    Amerika Bisa Kenapa Indonesia tidak Bisa

    para kaum intlektal muda ayo bangkitlah, jangan selalu mengharapkan para kaum tua. walaupun kita memang butuh para kaum tua. tetapi kita buktikan para kaum muda juga bisa berkuasa. karena Rasulullah sendiri pernah bersabda pemuda adalah sebagai penerus generasi. hidup pemuda, hidup mahasiswa.

  9. dobelden Says:

    sebarkan di indonesia.. dijamin pasangan susu sehat di jatim bakal menang 😀

  10. zoel Says:

    wahhh selamat ya… kapan ya saya bisa jadi wako

  11. Rondang br Siallagan Says:

    HEBAT…PINTAR BANGET TUCH ORANG…!! Akankah/Bisakah Indonesia seperti ini?

  12. nenyok Says:

    Salam
    Hmm patut nie dijadikan contoh, secara jangan memandang sebelah mata terhadap orang muda 🙂

  13. ekapratiwi Says:

    eka pratiwi ingin nyalon Presiden di negeri ANGIN.

  14. Hasan Seru Says:

    tp kelihatan dewasa ya?kyk bapak2, gak kelihatan kalau 19 tahun…

    ketik :
    IC [spasi] GABRIEL
    kirim ke 6288

  15. ferireza Says:

    kalo gitu besok aq jg nyalonin ah… kali aja menang. hehe….

  16. alief28 Says:

    eranya yang muda yang bicara, yang muda yang berjaya….hehehe….

  17. vizon Says:

    buat indonesia kayaknya masih jauh deh bisa mengedepankan orang muda.
    seperti iklan sebuah rokok: “yang muda yang tidak dipercaya”, itu adalah gambaran umum masyarakat indonesia. kemampuan seseorang di negara kita ini selalu diukur dari umurnya, semakin tua seseorang, dianggap semakin matang. padahal, kenyataan saat ini generasi muda kita sudah jauh lebih maju ketimbang generasi tua dalam berbagai hal, termasuk kemampuan menjadi pemimpin…
    so, buat 2009 nanti, mudah2an ada seorang muda yang bisa maju buat menjadi pemimpin negeri ini, semoga…

  18. natazya Says:

    wah ini salah satu script yang saya baca kemarin! iyah keren bener bukan? dan menang suaranya 70% dengan sangat mutlaknya! nah.. itulah bedanya pemikiran yang terbuka dengan yang tidak… di kita cagub cawagud 41 tahun aja masih dibilang kemudaan hauhauhauhau yang benar saja!!!

  19. ratu Says:

    hem……

    asik juga yaaa……

    hhehheee……… mau jadi apa dunia nti ya klo seperti ini, asal jgn anak umur 5 thn aja yg jadi walikota :)) hahhaaa

  20. Aki Herry Says:

    Pastinya punya kelebihan Bang ya.
    Hidup yang muda- muda..

  21. Sawali Tuhusetya Says:

    bener2 layak diacungi jempol. mudah2an dia bisa menjadi pemimpin yang baik sehingga terus menjadi sumber inspirasi bagi anak2 muda agar bener2 menjadi agen perubahan. tapi sebaliknya, kalau kinerjanya payah, waduh, tak terbayang, betapa generasi muda akan bener2 kena batunya. 😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: