Anwar Ibrahim : Saya Akan Rebut Pemerintahan Sebelum September

anwar ibrahim dan amien rais

Anwar Ibrahim dalam peluncuran buku Amien Rais di Jakarta

Foto : Kompas/anwaribrahimblog.com

PEROLEHAN 82 dari 222 kursi parlemen pada pemilihan 8 maret lalu seakan menambah keyakinan mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim. Sebab itulah lelaki 61 tahun ini berani sesumbar bisa merebut kekuasaan Perdana Menteri Abdullah Ahmad Badawi paling lambat sebelum September mendatang.

Kepada Faisal Assegaf dari Tempo, pemimpin oposisi dari Partai Keadilan Rakyat ini menjelaskan keyakinannya itu di Jakarta kemarin. Berikut ini penuturannya :

Apakah Wan Azizah jadi memberikan kursinya kepada Anda lewat pemilu sela ?

Wan Azizah bersama puluhan ahli (anggota) parlemen lain telah menawarkan kursi seandainya saya memilih menyertai (mengikuti) pemilu kecil. Saya belum memberikan keputusan akhir tentang kursi yang disediakan itu.

Setelah berhasil merebut banyak kursi, apakah koalisi oposisi makin solid ?

Setakat (sejauh) ini, alhamdullilah. Saya terus berunding dengan Partai Keadilan Rakyat, Partai Islam se-Malaysia (PAS), dan Partai Aksi Demokratik (DAP)). Alhamdullilah, setakat ini mereka bulat menerima agenda bersama. Dari sudut ideologi memang ada kelainan. PAS berlaku asas-asa perjuangan Islam. DAP masih menjaga kepentingan rakyat Cina dan India, tapi bersama Keadilan mereka bertiga mau menerima prinsip-prinsip pokok bersama.Yang lain itu mereka anggap sebagai wacana khusus dalam partai masing-masing.

Berapa orang anggota parlemen dari kubu Barisan Nasional yang pindah ke oposisi ?

Belum pindah secara formal, tapi kita telah dapat kepastian dari mereka. Saya akan umumkan pada waktunya nanti. Yang pasti kira-kira cukup untuk membentuk kerajaan (pemerintahan) baru. Saya tidak pernah terobsesi menguasai dua pertiga. Yang penting mayoritas agar kita dapat membentuk kerajaan yang stabil.

Anda bilang bisa menjadi perdana menteri tiga tahun lagi ?

Kenapa tunggu lama tiga tahun ? Insya Allah sebelumnya. Saya harap paling akhir sebelum september ini.

Kenapa Anda seyakin itu ?

Karena rekan-rekan ahli parlemen dari Partai UMNO dan Barisan Nasional menemui saya memberitahu perubahan itu perlu untuk nasib negara dan rakyat.

Jadi pengambilalihan pemerintahan itu melalui mosi tidak percaya ?

Itu opsi yang saya kira terbaik.

Memangnya Anda yakin dapat memimpin Malaysia lebih baik ketimbang Badawi dan Mahathir ?

Ukuran baik atau tidak rakyat yang akan memutuskan. Tapi yang saya yakin boleh (bisa) lakukan kita boleh pacu pertumbuhan lebih baik sebab pengurusan anggaran domestik akan lebih baik. Investasi asing akan lebih banyak datang karena sistem kita lebih efisien dan tiak korup.

Saya lihat kelemahan negara-negara berkembang umumnya adalah masalah korupsi dan kurangnya pertangungjawaban. Ini yang kita janjikan.

Setelah saya berpengalaman di atas sekali dan di bawah sekali, saya pikir sebaiknya melakukan sesuatu yang baik untuk negara dan rakyat. Saya yakin akan dapat sambutan lebih baik. Bagaimana mungkin orang bukan Islam menghormati kita jika sebagai pemimpin muslim berbuat zalim.

Jika berhasil menjadi perdana menteri, berapa lama Anda ingin berkuasa ?

Seratus tahun (tersenyum). Pandangan saya, Perdana Menteri Malaysia tidak harus menjabat lebih dari dua periode. Itu sudah saya umumkan secara terbuka. Tapi saya tidak mau ini menjadi peraturan yang dipakai oleh partai atau pemerintahan, cuma untuk saya.

Saya kira kalau 10 atau delapan tahun kita mau lakukan perubahan sebaiknya (seharusnya) boleh kita lakukan. Kalau delapan tahun kita masih belum mampu, serahkan saja kepada orang lain.

Apa pendapat Anda soal pertikaian antara Mahathir dan Badawi ?

Drama ini bagi saya banyak dalam sosok pribadi. Saya tidak mau terlibat secara langsung dalam perdebatan dan polemik antara mereka. Bagi saya yang penting bukan Mahathir, Abdullah, atau Anwar, tapi agenda yang harus kita kemukakan untuk rakyat. Kita mau rakyat matang dalam demokrasi dan lebih baik dari segi ekonomi.

Apakah Anda diuntungkan dengan konflik keduanya ?

Jangan pikir untung bila orang gaduh. Seperti pepatah dulu, jangan membina istana di atas pusara. Saya sebenarnya jarang berikan komentar karena perseteruan mereka lebih pada persoalan pribadi.

Jika sama-sama ingin menggulingkan Badawi, kenapa Anda tidak berkoalisi dengan Mahathir ?

Misi saya bukan menggulingkan siapa pun. Misi saya meletakkan agenda supaya Malaysia dapat terangkat sebagai negara maju. Abdullah saya anggap seorang teman dan pribadinya baik. ( Koran Tempo, 15 Mei 2008 )

http://www.ayomerdeka.wordpress.com

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , ,

4 Tanggapan to “Anwar Ibrahim : Saya Akan Rebut Pemerintahan Sebelum September”

  1. mujahidin Says:

    Salam persahabatan dari Malaysia…Izinkan saya mempostingkan entri ini ke laman blog saya supaya semua rakyat malaysia dapat membacanya..Itu pun kalau diizinkan saudara..Dan TQ juga sudi lawat blog saya…

  2. Robert Manurung Says:

    @ mujahidin

    Terima kasih sudah berkunjung. Dengan senang hati aku izinkan Anda mempostingkan entri itu di blogmu. Mudah-mudahan bermanfaat.

    Salam persahabatan

  3. Anwar Ibrahim : Saya Akan Rebut Pemerintahan Sebelum September « Tasbih Putih Says:

    […] Sumber : https://ayomerdeka.wordpress.com/ […]

  4. rudy rushady Says:

    malaysia akan maju dan INdoNesia ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: