Akhirnya, Pemerintah Naikkan Harga BBM

AKHIRNYA, meski mendapat protes keras dari seluruh lapisan masyarakat, pemerintah jadi juga menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Keputusan pahit itu diumumkan tepat pukul 00.00 WIB, Sabtu 24 Mei 2008, oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Purnomo Yusgiantoro.

Menurut Purnomo, kenaikan itu diputuskan pemerintah dengan mempertimbangkan kenaikan harga minyak mentah dunia belakangan ini. Memang, harga minyak dunia masih terus meroket, dan diprediksi bakal mencapai 200 dolar AS per barel Desember mendatang..

Kenaikan harga rata-rata yang ditetapkan pemerintah sekitar 29 persen. Harga minyak tanah ditetapkan Rp 2.500 per liter, bensin premium Rp 6.000 dan minyak solar Rp 5.500 per liter. Harga baru ini berlaku untuk konsumsi rumah tangga, transportasi, usaha kecil dan pelayanan umum.

“Harga jual eceran minyak tanah atau kerosin untuk rumah tangga dan usaha kecil di titik serah, termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN), untuk setiap liter ditetapkan Rp2.500,” ujar Purnomo.

Kebijakan menaikkan harga ditempuh lantaran pemerintah harus mensubsidi BBM dalam APBN Perubahan tahun 2008, sebesar Rp135,1 triliun. Pemerintah akan memberikan dana Bantuan Langsung Tunai kepada masyarakat, supaya kalangan miskin di perkotaan tidak terlalu menderita akibat kenaikan harga tersebut, yang secara otomatis akan melemahkan daya beli.( RM )

——————————————————————————————————

http://www.ayomerdeka.wordpress.com

Iklan

Tag: , , , , , , , , , ,

5 Tanggapan to “Akhirnya, Pemerintah Naikkan Harga BBM”

  1. Jenderal Says:

    cepat atau lambat memang akan dinaikan,…protes yang mengalir deras tetap tidak akan bisa menahan kenaikan harga BBM tersebut,…karena memang harus dinaikan

    (saya tetap berpikir positif) pemerintah pasti tidak menginginkan hal ini (menaikan BBM), tapi memang ini yang harus dilakukan….

  2. azaxs Says:

    Dan akhirnya hari ini harga BBM sudah dinaikkan!
    Tak terbayang akan semakin susahnya nasib kebanyakan warga Indonesia!

    Bendera merah putih setengah tiang di Madiun seharusnya diamini oleh seluruh warga negara… 😦

  3. langitjiwa Says:

    akhirnya! dan siap-siap dgn harga2 kebutuhan pokok yg akan membumbung tinggi. oh iya,apa anda setuju apa yg dikatakan oleh Din Samsyudin dgn padat karya saja dari pada dikasih BLT?

  4. nirwan Says:

    Aku cuman mo menghasut…AYO MERDEKA!

  5. k0meng Says:

    mau tahu tentang domino effect dari kenaikan BBM, baca selengkapanya di mygoldmachine.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: