UGM : Blue Energy Itu Penipuan

INILAH kabar terbaru mengenai blue energy yang menghebohkan itu. Universitas Gajah Mada (UGM) menilai, proyek energi alternatif dari air tersebut hanya omong kosong, menyesatkan, dan bahkan bertendensi penipuan. Demikian diberitakan Koran Tempo.

UGM mengungkapkan, mereka sempat diminta membiayai proyek energi alternatif oleh kelompok Joko Suprapto dan kawan-kawan, senilai Rp 3 miliar. Namun, setelah melakukan beberapa pertemuan dan menelusuri latar belakang kelompok ini, UGM menyimpulkan proyek yang ditawarkan itu merupakan upaya penipuan.

“Kami puas UGM tidak tertipu,”kata Kepala Pusat studi Energi UGM Sudiartono kepada Tempo kemarin. Meski begitu, UGM tidak sampai melaporkan kepada pihak kepolisian ihwal penipuan tersebut.

Sebelumnya, Ketua Jurusan Teknik Elektro UGM Tumiran juga menyatakan klaim Joko yang mengatakan mampu memproduksi sumber energi berbahan baku air sebagai hal yang menyesatkan. “Ini hal yang memalukan karena presiden kita lebih mempercayai hal-hal seperti ini,”ujarnya mengenai proyek Joko, yang oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diberi nama blue energy.

Lampu bisa menyala selamanya

Sudiartono berkisah, pada Desember 2005 Joko datang ke UGM bersama delapan temannya. Rombongan diterima langsung oleh Rektor UGM Prof Sofian Effendi, didampingi Dr Chairil Anwar, di rumah dinas rektor.

Ketika itu Joko memaparkan temuannya yang disebut pembangkit listrik ajaib. Dengan menggunakan empat buah batu baterai kecil, beberapa bola lampu 60 watt, serta panel surya, pembangkit itu diklaim mampu menghasilkan listrik berkapasitas 25 kilowatt. Rektor pun sempat tertarik.

Namun, kata Sudiartono, ada yang tak masuk akal dalam presentasi itu. “Saya tanya apakah di dalam ada accu atau inverter, dia jawab tidak ada. Kemudian saya tanya lagi berapa lama lampu akan menyala, dia jawab selamanya,”ujarnya. “Dari situ saya mulai tidak percaya.”

Kecurigaan itu makin besar setelah Sudiartono menemukan perusahaan, alamat-alamat, dan kontak yang tertera di kartu nama Joko dan timnya ternyata palsu.

Sebagai catatan kata Sudiartono, seorang rekan Joko bernama Purwanto akhir-akhir ini juga diduga mengelabui Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dengan pembangkit tenaga listrik jin dan “banyugeni”-nya. Ia menambahkan, saat itu Joko dan Purwanto juga sempat berpromosi mengenai bahan bakar bersumber air. “Kami tak menanggapinya.”

Presiden SBY minta proyek Joko diteruskan

Rektor UMY Khoiruddin Basyori mengatakan mereka tidak punya sangkut-paut dengan Joko Suprapto. Menurut dia, mereka kini “tiarap” dan tidak mempublikasikan temuan sumber energi berbahan air yang mereka patenkan dengan nama “Banyugeni TM” itu. “Kami belajar dari kasus Joko.”

Hingga kemarin, Joko yang tinggal di Nganjuk, Jawa Timur, belum dapat dimintai komentar. Rumahnya yang luas masih dijaga ketat oleh tentara. Komandan Kodim Nganjuk Letnan Kolonel Christiono menyatakan Joko sedang berobat ke sebuah rumah sakit.

Ihwal blue energy ini, Minggu lalu Presiden SBY, seperti dikemukakan anggota staf khusus kepresidenan, Heru Lelono, tetap meminta proyek Joko itu diteruskan. “Temuan ini logis. Sudah didukung oleh ahli perminyakan,”kata Heru waktu itu. (Koran Tempo, 29 Mei 2008)

===================================================================

http://www.ayomerdeka.wordpress.com

Tag: , , , , , , , , , , ,

42 Tanggapan to “UGM : Blue Energy Itu Penipuan”

  1. ritool Says:

    Suatu hal yang menarik untuk diikuti/dipelajari perkembangannya, karena ini sudah menjadi perang prestise antara Tim Penasehat ( Staf Ahli ) Teknologi Kepresidenan dengan UGM.

    Salam !

  2. iman brotoseno Says:

    Saya kok seperti meragukan proyek Blue Energy itu…

  3. blackenedwing Says:

    Titel memang gak berbanding lurus dengan kecerdasan ya ? Buktinya seorang doktor lebih percaya juragan radio daripada akademisi kampus😦

  4. bupunsu39 Says:

    Saya pernah bertemu dengan beberapa dosen teknik kimia UGM yang senior, dan ahli bidang teknologi minyak bumi, tentang minyak Indonesia baru yang konon dibuat dari air laut. Mereka geleng-geleng kepala, dan tidak bisa berkomentar, karena sulit diterima akal sehat, dari air kok berubah ke rantai hidrokarbon.
    Jika memang teknologi itu ada, tentu Amerika Serikat tidak kekurangan energi fosil, bagaimanapun juga amerika dan eropa teknologinya lebih maju dari asia tenggara. Kecuali kalo ilmu ajaib … yaaaahhhh … hahahah

  5. bakri Says:

    ya setidaknya dipastikan dulu benar apa nggak sih itu?.

  6. anaklawang Says:

    Mekipun dunia sedang kalut & semrawut, jangan serahkan AKAL sehat kita digorok IRASIONALITAS…. Setelah Joko Suprapto, kemarin ada Ahmad Zaini yang kabarnya punya warisan 18.000 Triliun. besok entah siapa lagi para Pembual-pemimpi-penipu bermulut besar yang akan muncul….

    Salam….

  7. Anonim Says:

    Coba kalau kita tahu bhw semua itu akan dimintai pertanggungjawaban, kita

  8. arifrahmanlubis Says:

    yap.
    ditunggu saja.
    ndak perlu pusing untuk isu simpang siur begini.

  9. kanata99 Says:

    ASEM tu orang!!!!!!!!

    masa nipu bangsa sendiri seh!!!!!

    DASAR!!!!MUSUH DALAM ROK!!!!!!!!!!

    eeeeh…dalam SELIMUT!!!!!!!!!

  10. Giyanto Says:

    Sejak peradaban manusia muncul,
    dari dulu yang namanya PEMERINTAH ITU, KERAS KEPALA DAN TOLOL!

  11. ubadbmarko Says:

    Bisa saja dijadikan proyek angan-angan, orang jepang maju karena banyak angan-angan, insfirasi DORA EMON banyak yang terwujud lho. Suatu saat genteng rumah bisa sekalian dari solar cell.
    Salam kenal dari Bandung.

  12. t4rum4 Says:

    kita liat.. siapa yang malu.. UGM ato Tim Blue Energy…

    UGM vs Blue Energy…

  13. indocoolz Says:


    AYO LAH KITA MERAMEKAN KOMUNITAS “Axxyc.com”

    (Komunitas Indo, ngak perlu register)

  14. jesuskarto Says:

    yoalah alah…
    waktu pertama kali dimuat di Gatra tentang peluncuran “banyugeni”, saya sempat salut sama anak-anak itu…
    ternyata, all are fake…. bahkan pihak UMY sendiri malah cari selamat dari sangkut pautnya…..

    terae mboh Kang.. Kang…..

  15. Setiyo Purwanto Says:

    rame rame…

    tenang hati tenang pikiran kunjungi saja http://www.setiyo.wordpress.com blognya wong solo

  16. aEro Says:

    saya dukung aja kalo itu memang benar adanya… toh sama2 belum bisa dibuktikan, kalo memang benar smoga bisa bermanfaat bagi rakyat banyak, dan jika bohong smoga tak merugikan lebih banyak orang.

    salam

  17. nasori abdul ghani Says:

    wah..rame ya..siapa yang berharap benar dan siapa yang berharap salah..hayoo acungkan jariiii

  18. kol Says:

    yaah seperti jaman galileo dulu yang gak percaya langsung membunuhnya karena irasional padahal otaknya ngaak mampu. setelah sekian abab baru percaya dan teorinya diakui dasar manusia….hehehe…

  19. seyyed Says:

    Jangan anggap remeh semua penelitian ekstrem seperti itu. Semua penelitian ekstrem, awalnya selalu dilihat konyol, dianggap gila

  20. Jenderal Says:

    agak aneh juga sih kalo dipikir…ya tunggu aja perkembangan selanjutnya…

  21. Faradina Aningtias Says:

    Sayang sekali ya, semua jadi simpang siur. Padahal tadinya aku berharap teknologi blue enegry itu benar2 ada, meskipun baru dalam tahap khayalan. Berkhayal lagi ah…

  22. FaNZ Says:

    liad aja ntarr

  23. puang Says:

    salam kenal dari bandung
    mungkin yang di maksud bukan Blue Energy tapi blue film

  24. alunxp Says:

    Seharusnya diadakan uji coba terhadap blue energy itu. Apa benar yang dipresentasikan sama dengan kenyataan. Kalo ternyata itu benar (walapupun kemungkinannya kecil), langsung saja dipublikasikan. Kita kan sedang krisis energi. Tapi kalu ternyata itu hanya bualan, yah, minimal kita tahu adanya penipuan dengan gaya baru.

  25. Taufan Hidayat Says:

    Negara ini memang sdg sakit. Lihatlah betapa Ki Joko Bodo yang semakin kaya, krn cuman jualan weton. Apa Amrik pernah menghitung weton?

  26. Indra Jakanata Says:

    Dua Tahun yang Lalu Saya Indra Jakanata mengakuisi sebuah Perusahaan yang didirikan oleh Joko Suprapto, Mirza dan Pak Lalu AF dengan singkatan Joko-Mirza-Lalu Electric atau (JLM Electric) karena Pak Lalu AF merasa ditipu oleh Joko S dan mengundurkan diri. Lantas Saya dan Kawan-kawan termasuk Orang dekat Menteri Kehutanan (MS Ka’ban) menginvestasikan dana sebesar 1 Milyar untuk membiayai Proyeknya Joko Suprapto yang waktu itu Teknologi ini diberi nama oleh Pak Lalu AF sebagai RPS (Reengeneered Power Supply) karena Mesin dalam Box tersebut dapat memperbesar Energy Listrik yang bersumber dari accu maupun dari PLN. Setelah menerima uang 1 Milyar, Joko Suprapto hilang tanpa kabar. Jadi Kalau sekarang Joko Suprapto Muncur, Mohon Masyarakat mempertemukan saya dengan Joko Suprapto untuk meminta pertanggung jawabannya, hal ini penting supaya Dia tidak lagi menipu orang, apalagi berani menipu UGM dan Presiden segala.

    Wassalam Indra Jakanata Jakarta HP. 08121900777

  27. sani2805 Says:

    sAngat2 meragukan….yang bener aja………bro!

  28. b0cah Says:

    tanpa bermaksud ikut campur dalam “kepentingan” yang mungkin ada diantara mereka-mereka yang berkepentingan, kami hanya ingin memposisikan bahwa secara teknis “blue energi versi Indonesia”, sekali lagi secara teknis adalah memungkinkan.
    Namun persoalannya adalah bahwa untuk memproduksinya dengan harga murah itulah yang nampaknya masih jauh dari harapan.

  29. de'sanur Says:

    Apapun yang dijaman sekarang tidak mungkin di masa depan bisa menjadi mungkin, contohnya banyak penemuan yang dahulu dianggap mustahil sekarang malah ada (bola lampu listrik, pesawat terbang, dan lain-lain)

    Menurut saya yang awam akan ilmu pengetahuan alam berpendapat hal tersebut mungkin saja akan terjadi.

    Sebagai informasi tambahan, di Desa Sanur, Denpasar Bali sekarang ada berita dari seorang bernama I Nyoman Lingga seorang sarjana bidang pertambangan yang dulu pernah bekerja di tambang minyak sedang mematenkan penemuannya yaitu mesin bertenaga (bahan bakar) air (sekarang belum 100%) masih dalam tahap terus disempurnakan, sudah pernah ditinjau ahli dari Jerman. Kemarin sewaktu konferensi pemanasan global di Nusa Dua Bali sudah mau dipresentasikan di depan peserta conference namun dicegah karena dikhawatirkan teorinya (yang katanya ‘anti teori’) diambil dan dipatenkan orang luar. Berita ini saya baca di Bali Post dan juga ditayangkan di Bali TV.

    Bapak Nyoman Lingga sendiri adalah tetangga saya (baru tahu setelah baca berita koran) yang menurut ibunya sudah menghabiskan ratusan juta rupiah (sampai jual tanah warisan) untuk membiaya proyek penelitiannya tersebut.

  30. Air sebagai pengganti BBM, mungkinkah ??? « Dede Sanur’s Weblog Says:

    […] Juni 3, 2008 oleh desanur Hari ini setelah saya baca postingan di blog-nya Bang Robert Manurung (https://ayomerdeka.wordpress.com/2008/05/30/ugm-blue-energy-itu-penipuan/ )  tentang “Blue Energy” dimana diberitakan penemuan Blue Energy (bahan bakar dari air […]

  31. john Says:

    YG pernah gw baca ada ramalan :pada abad 20 an ditemukannya BLUE EREKSI ( ereksi pakai bf tanpa bbm ). sorry , mau enak mikir dikit aj

  32. Si Kecil Dio Says:

    Lho itu mungkin aja, inget sama luwis pateur yang menemukan apa ???ya itu juga disebut gila, barang kali juga sepertiitu …hehehehehe

  33. RI Tool Says:

    Blue Energi yang saya tau itu = pembangkit listrik tenaga air ( air terjun / sungai / pasang surut air laut ), pembangkit listrik tenaga angin ( kincir angin ),
    pembangkit listrik tenaga panas bumi .

    Blue Energy Hidrogen ? Rasanya diantara harapan dan angan-angan.

    Eh ….. ngomong-ngomong , mana si tulang AyomerdekA ? kok belum muncul ?

  34. punkt Says:

    Blue energy = HOAX (bohong)
    Lihat aja di wikipedia, cari artikel ttg “gasoline fuel”. Dari dulu emang banyak yang ngaku uda nemuin cara ngubah air jadi BBM, tapi ujung2nya nipu2 doank..

  35. levi w Says:

    wha..ha..ha…ha…ha………penipu mustinya ditangkap..bukan dipiara..

  36. Kabiro_malang Says:

    Blue energy yang ditemukan joko hanyalah sebuah opini yang berlebihan semua orang nganjuk juga kenala siapa joko tersebut gelar yang dimlikinya tersebut hanyalah gelar yang bohong. pada dasarnya ketika air dijadikan sebuah bahan bakar itu tidak lah mungkin Air mempunyai kandungan senyawa H2O,dan Co2 nah kalok memang air bisa di jadikan baha bakar kita harus memisahkan 2 senyawa tersebut dengan molekul Air selama 2 senyawa tersebut tidak dapat dipisahkan tidak lah mungkin terjadi karena H2o,Co2,dan Molekul Air adalah suatu satu kesatuan yang tidak mungkin dipisahkan
    Suda lah Joko hentikan semua sandiwaramu itu kamu mbokyo yadar inget ama orang tuamu dan sodara2kmu karena saya adalah saksi penipuan2 yang telah dilakukan oleh Joko Aq SALUT AMA KAMU KAMU TAMBAH PINTER TAPI SAYANG KEPINTERAN KAMU ITU KAMU BUAT NIPU……………………………………salam Warga nganjuk yang pernah kamu tipu dan saya adalah salah satu korban perbuatan joko.

  37. GERAKAN PEDULI MASYARAKAT KECIL DAN PEMIMPIN BERSIH Says:

    kasian deh SBY teryata bisa ketipu juga ama Joko saya punya bukti2 tertulis atas semua perbutan yg sudah dilakukan joko kami siap membantu bagi orang yg mau menegakkan sebuah kebenaran.
    ketua no 085230338100 mari kita ersama masyarakat yang peduli kebenaran.INGAT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!Suara Rakyat Suara Tuhan jadikan negara kita bebas dari PENIPU seperti JOKO.

  38. LSM (GPMKDPB) GERAKAN PEDULI MASYARAKAT KECIL DAN PEMIMPIN BERSIH Says:

    Blue energy yang ditemukan joko hanyalah sebuah opini yang berlebihan semua orang nganjuk juga kenala siapa joko tersebut gelar yang dimlikinya tersebut hanyalah gelar yang bohong. pada dasarnya ketika air dijadikan sebuah bahan bakar itu tidak lah mungkin Air mempunyai kandungan senyawa H2O,dan Co2 nah kalok memang air bisa di jadikan baha bakar kita harus memisahkan 2 senyawa tersebut dengan molekul Air selama 2 senyawa tersebut tidak dapat dipisahkan tidak lah mungkin terjadi karena H2o,Co2,dan Molekul Air adalah suatu satu kesatuan yang tidak mungkin dipisahkan
    Suda lah Joko hentikan semua sandiwaramu itu kamu mbokyo yadar inget ama orang tuamu dan sodara2kmu karena saya adalah saksi penipuan2 yang telah dilakukan oleh Joko Aq SALUT AMA KAMU KAMU TAMBAH PINTER TAPI SAYANG KEPINTERAN KAMU ITU KAMU BUAT NIPU……………………………………salam Warga nganjuk yang pernah kamu tipu dan saya adalah salah satu korban perbuatan joko.

    kasian deh SBY teryata bisa ketipu juga ama Joko saya punya bukti2 tertulis atas semua perbutan yg sudah dilakukan joko kami siap membantu bagi orang yg mau menegakkan sebuah kebenaran.
    ketua no 085230338100 mari kita ersama masyarakat yang peduli kebenaran.INGAT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!Suara Rakyat Suara Tuhan jadikan negara kita bebas dari PENIPU seperti JOKO.

  39. bowo_pribadi Says:

    Mengacu pada pernyataan Indra Jakanata ada benarnya, bahkan saya juga pernah mengalami hal yang sama. Dimana alat tersebut setelah JLM berganti kulit menjadi TRAKIT ( Tranformator pembangkit) yang dapat melipat gandakan daya baik dari accu,genset dan solarsell. Kerugian Immateriel yang tidak tergitung seteklah mendapatkan dana banyak langsung ilang.

  40. lilis sutejo Says:

    Di luar dari si Joko adalah Penipu , kita tidak seharusnya menjelekkan presiden kita yang memberikan dukungannya kepada para penemu. Tidak ada orang yang selalu benar dalam mengambil keputusan dan sepintar apapun orang tersebut, pasti pernah di tipu di dunia ini. Asalkan orang tersebut dapat mencari solusi keluar , tidak mengulangi hal yang sama dan menciptakan aturan yang jelas kedepan. Tidak ada yang sempurna di dunia ini selain Allah. Kesalahan terbesar bangsa kita adalah terlalu sering menertawakan, mencemooh orang, tidak pernah menghargai orang pintar dan berbakat sehingga banyak orang pintar lebih memilih negara lain dan memberikan kontribusinya di sana dan mereka juga di perlakukan dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat di sana. Semua hal di dunia ini adalah ” MUNGKIN ” dan segala hal yang sudah kita pakai dan gunakan sekarang adalah berawal dari MIMPI dan ketidakmungkinan seperti pesawat, komputer, hp , bayi tabung, ke bulan dan banyak lagi.. Indonesia tidak bisa maju karena banyak yang tidak mempunyai mimpi . Berani mimpi pun tapi ga berani membuat karena malu dan takut di tertawakan.Kenapa??? Karena Indonesia terlalu banyak orang yang sudah tidak mempunyai mimpi tapi taunya menertawakn dan meremehkan orang.
    BRAVO to ALL the INVENTOR!!!! NEVER STOP DREAMING. MAKE UR DREAMS COME TRUE…WITH DREAM EVERYTHING IS POSSIBLE…

  41. muhibbuddin Says:

    lumayan ngramein indonesia kan?😉

  42. rohman Says:

    aku uda coba untuk motorku, n berikut hasil dan gambar-gambarnya. bisa juga kita sharing …

    lihat di sini

    http://mojokerto-blog.blogspot.com/2008/08/motorku-pakai-penghemat-bbm-brown.html

    maksih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: