Muhammadiyah Ogah Menjamin Muchdi Pr

Nasib tragis Munir, aktivis yang mempertaruhkan nyawanya demi memperjuangkan hak asasi para korban penculikan dan orang hilang–termasuk Wiji Tukul yang hingga detik ini masih raib; rupanya tidak menimbulkan sedikit pun rasa iba dan empati pada tokoh-tokoh pejuang keadilan seperti M.Luthfie Hakim, Mahendradatta, dan Zaenal Ma’arif. How come ?

Oleh : Robert Manurung

APA hubungan organisasi keagamaan dengan mantan komandan Kopassus dan pejabat badan intelijen ? Pertanyaan ini bukan mengada-ada atau bermaksud mendiskreditkan phak mana pun.Munculnya keheranan ini dipicu pernyataan tim pengacara Mayor Jenderal (Purn) Muchdi Pr, bahwa mereka akan meminta Muhammadiyah dan NU menjamin penangguhan penahanan tersangka kasus pembunuhan Munir itu.

Pernyataan itu dikemukakan kepada pers oleh Zaenal Ma’arif, salah satu anggota tim kuasa hukum Muchdi, beberapa hari lalu. Mantan Wakil Ketua DPR itu mengatakan, pihaknya akan minta jaminan penangguhan penahanan Muchdi kepada Din Syamsuddin (Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah) dan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Hasyim Muzadi.

Din Syamsuddin telah menolak tegas permintaan itu, sebagaimana diberitakan media massa edisi Senin (23/6). Sementara itu belum diketahui bagaimana respon NU terhadap permintaan itu, yang bisa ditafsirkan sebagai manuver untuk melibatkan lembaga-lembaga Islam menjadi “beking” bagi mantan Deputi Bakin itu.

“Tidak menjadi tradisi Muhammadiyah untuk menjamin dan ikut terlibat dalam kasus itu,”ujar Din Syamsuddin seperti ditulis Koran Tempo..

Din tetap berpendirian begitu, meski Muchdi pernah menjabat Ketua Umum Pimpinan Pusat Perguruan Tinggi Bela Diri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah. Alasannya, belum pernah ada preseden Muhammadiyah menjamin anggotanya yang tersangkut kasus hukum. “Itu tanggung jawab individu,”ujar Din Syamsuddin.

Din Syamsuddin mengaku belum menerima permohonan pemberian jaminan untuk Muchdi. “Saya belum terima, tahunya dari teman-teman wartawan,”katanya. Kemudian dia menegaskan lagi, Muhammadiyah tidak mengurusi hal-hal seperti itu. “Muhammadiyah itu kan ngurusi masalah sosial dan pendidikan. Bukan seperti itu.”

Menggalang dukungan Islam buat tersangka pembunuh Munir ?

Sementara itu kuasa hukum Muchdi Pr, M Luthfie Hakim, mengakui pihaknya memang berencana minta jaminan penangguhan itu dari Din dan Hasyim Muzadi. “Namun setelah dipertimbangkan, pihak keluargalah yang akan menjaminnya,”katanya.

Penolakan tegas dari Din menimbulkan kesan yang kuat, bahwa Muhammadiyah tidak ingin terlibat dalam manuver politik yang dilakukan oleh sekelompok pengacara yang selama ini dikenal oleh masyarakat sebagai “tim pembela muslim”. Selain M.Luthfie Hakim, tokoh pengacara lain dalam kelompok itu itu adalah Mahendradatta; yang saat ini tercatat sebagai anggota tim pembela Ketua Umum FPI Rizieq Shihab dalam kasus penyerangan terhadap AKKBB di Monas.

Kenapa mereka sampai perlu menggalang solidaritas dan dukungan organisasi-organisasi Islam buat mantan komandan Kopassus dan pejabat Bakin itu ? Kenapa mereka tidak menunjukkan simpati sedikit pun buat korban, yaitu almarhum Munir dan keluarganya ?

Nasib tragis Munir, aktivis yang mempertaruhkan nyawanya demi memperjuangkan hak asasi para korban penculikan dan orang hilang–termasuk Wiji Tukul yang hingga detik ini masih raib; rupanya tidak menimbulkan sedikit pun rasa iba dan empati pada tokoh-tokoh pejuang keadilan seperti M.Luthfie Hakim, Mahendradatta, dan Zaenal Ma’arif. How come ?

================================================================================

http://www.ayomerdeka.wordpress.com

Tag: , , , , , , , , , , ,

2 Tanggapan to “Muhammadiyah Ogah Menjamin Muchdi Pr”

  1. Mr.T Says:

    coba pikir,sebuah jika seorang membawa kebenaran, kemudian di hentikan, seharusnyalah ada yang meneruskan.apakah munir bekerja sendiri?tdk ada temannya yg meneruskan perjuangannya dalam menyampaikan kebenaran?kebenaran apa yg mau di ungkap munir?apakah munir itu pembela bangsa atau penghianat bangsa?bagai menapuk air di dulang,apakah munir tdk punya rasa malu membeberkan rahasia rumah tangga bangsa ini??saya rasa munir memang pantas untuk di bunuh,hanya saja kita diobok2 oleh intel asing sehingga kita terjebak dan berlarut2 dalam mengurusin masalah ini, sedangkan masalah bangsa carut marut.hei….kemana hati nuranimu…..

  2. BOMANAK Says:

    munir telah membuktikan dirinya dengan pepatahnya bahwa “KITA HARUS LEBIH TAKUT DENGAN RASA TAKUT ITU KARENA RASA TAKUT AKAN MENGHILANGKAN AKAL SEHAT KITA” jangan BIN BIAS dan BAKIN beranggapan bahwa ketika membunuh pemimpin besar bangsa Papua Theys H Eluay dan Pemimpin besar KonTRAS Munir akan membuat para pembelah HAM dan pejuang penentuan nasip sendiri akan gentar dan takut, karena dalam kamus revolusi yang mujaraf dan harafia adalah ketika satu di hilangkan oleh penguasa yang lain akan semakin tajam untuk menyukseskan cita-cita rakyat tertindas. terlalu banyak bukti, ia bukan? sepeninggalan Theys Toko pejuang HAM dan KEBENARAN Papua Barat mulai mencuak aspirasi Papua Merdeka yang lebih dinamis lagi di seluruh pelosok Papua Barat dan Internasional bukan, jika NKRI, bersama institusi BIN, BAIS dan BAKIN buta dan atau sengaja tidak mau tau atau sengaja menutupi kebenaran dengan cara-cara klasik silakan kunjungi situs perjuangan rakyat Papua Barat yang resmi: http://www.kabarpapua.com, http://www.infopapua.org, http://www.freewestpapua.org, http://www.papuapost.com dll.

    hidup Theys Eluay PAPUA BARAT
    Hidup Munir KONTRAS

    Wa’SALAM !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: