Menhub : Rekaman Adam Air Itu Palsu !

MENTERI Perhubungan Jusman Sjafeii Djamal memastikan : rekaman “percakapan terakhir di kokpit Adam Air” , yang kini beredar luas di internet, adalah palsu!

Sejak pekan lalu, dunia maya digegerkan munculnya rekaman yang diklaim berasal dari kotak hitam pesawat Adam Air; yang jatuh di Majene, Sulawesi Barat, Januari tahun lalu. Rekaman itu berhasil meyakinkan sebagian orang, karena adanya suara gaduh, jeritan kepanikan dan putus asa.

“Saya menyimpulkan bahwa rekaman itu palsu. Rekaman original masih tersimpan di Amerika Serikat, sedangkan copy dari rekaman asli masih tersimpan rapi di KNKT,”ujar Menteri Perhubungan, sebagaimana diberitakan harian Kompas edisi Rabu ini (6/8).

KNKT adalah singkatan dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi. Komite ini menjadi sorotan dan disalahkan banyak pihak, setelah beredarnya rekaman “percakapan terakhir di kokpit Adam Air” tersebut di internet. Anehnya, tidak ada yang menuntut tanggung jawab komite ini karena membiarkan Adam Air melanggar standar keselamatan penerbangan.

Menteri Perhubungan mengakui ada beberapa pihak yang menganggap bahwa rekaman yang beredar tersebut memiliki kemiripan dengan rekaman asli. “Dalam rekaman itu seolah-olah ada suara kegaduhan yang mirip dengan rekaman asli. Namun, kemiripan itu hanya rekayasa.,”kata Menhub.

Meski berkata begitu, Menhub tetap meminta KNKT untuk introspeksi, bahkan menganjurkan komite itu melakukan penyelidikan internal untuk menelusuri kemungkinan adanya keterlibatan orang dalam atau orang luar.

Aneh kan ? Di satu sisi Menhub mengatakan rekaman Adam Air yang beredar di internet adalah palsu, tapi masih memerintahkan KNKT untuk menyelidiki siapa yang menyebarkan rekaman itu. Kalau memang palsu, ngapain dipusingkan ?

====================================================================================

http://www.ayomerdeka.wordpress.com

Iklan

Tag: , , , ,

3 Tanggapan to “Menhub : Rekaman Adam Air Itu Palsu !”

  1. Sawali Tuhusetya Says:

    kalau tidak aneh bukan indonesia, bung robert, hehehehe 😆 tidak hanya sekali ini saja kesimpangsiuran informasi terhadap persoalan2 penting dan urgen terjadi. kecelakaan kereta api yang berlangsung di darat pun seringkali menimbulkan banyak bias informasi. agaknya, bangsa ini memang sudah lama terjebak ke dalam pola2 penafsiran yang tidak cerdas, haks :mrgreen:

  2. lovepassword Says:

    Saya rasa rekaman itu tidak original, dalam arti ada proses editing, digitalisasi dsb. Tetapi jelas nggak bisa dikatakan palsu. Orang KNKT saat diwawancarai di TV bareng Roy Suryo ngomong kalo isi rekaman kurang lebih sama dengan apa yang dia dengar. Dia tidak mengatakan itu original tetapi yang jelas isinya sama.

    Anehnya beliau-beliau yang diatas malah mengatakan kalo kasus itu nggak usah diungkit-ungkit, kasihan keluarga korban dsb. Omongan omong kosong para pejabat kita.

    Meskipun keluarga pilot yang meninggal tidak mau memperpanjang kasus ini, jelas mereka yang dirugikan termasuk nama baik pilot yang dijadikan kambing hitam human error – padalah pesawatnya yang bobrok.

    Keluarga korban secara khusus dan masyarakat perlu tahu : Apakah bener ada pesawat rusak diijinkan terbang, serta kasus seperti itu malah ditutupi oleh KNKT dan pemerintah dengan dalih yang diada-adakan. Lebih parah lagi kalau ada konspirasi terencana yang mengkambing hitamkan pilot yang sudah meninggal dengan alasan human error

    Pantes saja kalo pesawat kita dilarang terbang oleh Eropa. Lha penanganan kasus penerbangan dibuat ala mafia seperti itu.
    Orang mati memang paling gampang dijadikan kambing hitam. Tapi sebaiknya Ingat dosa Pak Menteri. Nggak perlu jadi bempernya Adam Air. Dunia Internasional goblok apa ????

  3. McJoe Says:

    Hahahaha…
    itulah bangsa kita, diawali dari org2 yg tdk berkompeten utk bidang tertentu malah dipercayakan utk mengurusi nya.
    Itulah yg hrs jd introspeksi bangsa ini terutama pemerintahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: