Transfer Pemain Superstar Hanya Ronaldinho

Jadi, tampaknya peta kekuatan di jajaran klub-klub elit Eropa tidak akan banyak berubah musim ini. Paling-paling yang bisa menimbulkan perbedaan adalah apabila Ronaldinho berhasil menemukan second wind di Milan, maka klub raksasa Italia ini bakal menjelma kembali jadi kekuatan yang menakutkan di Eropa.

Oleh : Robert Manurung

LIGA terbaik di dunia, Premiereship, bakal bergulir mulai pekan ini. Artinya pembelian pemain oleh klub-klub elit Inggris sudah hampir selesai, kendati bursa transfer memang masih dibuka hingga akhir Agustus nanti. Sampai saat ini, tidak satu pun klub di negeri itu membeli pemain superstar. Ini mengindikasikan bahwa bursa transfer pemain di seluruh dunia memang kurang bergairah.

Praktis cuma Ronaldinho pemain superstar yang pindah klub, dan ini pun bukan lewat pembelian spektakuler. Bisa dibilang AC Milan seperti ketiban bulan karena bintang Brasil ini memilih klub Italia itu, kendati Chelsea meminatinya dan menjanjikan gaji lebih tinggi serta fasilitas lebih mewah.

Mungkin Anda bertanya-tanya mengenai kriteria superstar di sini. Nanti akan kujelaskan di bagian bawah, namun untuk gampangnya inilah daftar pemain superstar di Eropa saat ini : Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, Rio Ferdinand (MU), Didier Drogba, Frank Lampard, Michael Ballack, John Terry, Peter Chech (Chelsea), Adebayor, Fabregas (Arsenal), Fernando Torres (Liverpool), Dmitar Berbatov (Tottenham Hotspurs), Kaka (AC Milan), Zlatan Ibrahimovich (Inter Milan), Totti (AS Roma), Lionel Messi, Samuel Etoo, Ronaldinho, Carlos Puyol (Barcelona), Ruud van Nistelrooy, Iker Cassilas (Real Madrid), David Villa (Valencia).

Kalau Anda perhatikan daftar di atas, hanya David Villa di antara puluhan pemain yang menjadi bintang di Piala Eropa 2008 yang aku golongkan superstar. Boleh-boleh saja Xavi Hernandez terpilih sebagai pemain terbaik PialaEropa, dan rekannya Iniesta tampil nyaris tanpa cela, lalu Ashravin dari Rusia berhasil mencuri perhatian dengan permainannya yang menawan di lapangan tengah; namun mereka tetap belum layak menjadi superstar. Villa dikecualikan karena sebelum Piala Eropa penampilannya sudah menggetarkan daratan Eropa, dan media massa telah lama memperlakukannya sebagai calon superstar.

Transfer pemain kelas menengah

MUNGKIN akan terasa tidak adil bagi penggemar Mancini, karena pemain Roma yang hengkang ke Inter ini tidak aku golongkan superstar. Begitu pula dengan Robbie Keane yang pindah dari Tottenham ke Liverpool, dan Peter Crouch dari Liverpool ke Porstmouth. Termasuk pula di sini Julio Baptista yang kemungkinan bakal hengkang dari Madrid ke Roma, kemudian Deco (Barcelona) yang berlabuh di Chelsea.

Gabungkan pula di situ Rafael Van der Vaart (Hamburg SV) yang baru saja dibeli oleh Madrid, Antonio Reyes (Atletico Madrid) yang dpinjamkan ke Benfica, dan sejumlah pemain lain yang cukup punya nama antara lain striker Alberto Gilardino (AC Milan ke Fiorentina), kiper nasional Prancis Gregory Coupet (Olympique Lyon ke Atletico), Gianlucca Zambrotta (Barcelona ke Milan), dan lain-lain.

Mereka semua adalah pemain-pemain kelas menengah, yang kemampuannya mungkin saja setara dengan para superstar. Yang membedakan hanyalah lantaran mereka bukan pemain yang tak tergantikan di klubnya, tidak bermain di klub raksasa, sering dilanda cedera, kurang cocok dengan pelatih klub, kurang menarik bagi media, serta faktor-faktor lain yang membuat mereka hanya dikenal secara terbatas di kalangan penggemar sepakbola di seluruh dunia. Pasaran tertinggi mereka di bursa transfer umumnya sekitar 25 juta euro. .

Jika pemain-pemain kelas menengah ini beruntung dibeli oleh klub raksasa, misalnya Van der Vaart (Madrid), Keane (Liverpool), Mancini (Inter), Zambrotta (Milan), mereka harus berjuang untuk mendapat tempat reguler di dalam squad. Tapi bukan tidak mungkin mereka beruntung mendapat kepercayaan dari pelatih, lantas prestasi klubnya menjulang, maka para pemain tersebut akan menjadi superstar seperti yang dialami Luca Toni (Bayern Muenchen).

Etoo tidak laku, Ronaldo tak dijual

SELAIN Ronaldinho, hanya ada dua pemain superstar yang meramaikan bursa transfer musim ini, dan uniknya mereka tidak jadi hengkang. Kedua pemain tersebut ialah Cristiano Ronaldo (Manchester United), dan Samuel Eto’o (Barcelona).

Perjalanan nasib mereka sangat bertolak belakang. Cristiano sangat ingin pindah ke Madrid, dan klub terkaya Spanyol itu ambisius banget untuk “menculiknya”, namun MU menjawab : Ronaldo not for sale! Itu sudah cukup untuk menghentikan pendekatan ala mafia yang dilancarkan Madrid, dan dramatisasi yang dilakukan Ronaldo.

Sebaliknya, Eto’o tidak lagi diinginkan di Barcelona, karena pelatih baru Pep Guardiola ingin membangun tim tanpa pemain Kamerun ini. Eto’o juga ingin mencari tantangan baru di klub lain. Tapi apa mau dikata, tidak satu pun klub yang berminat merekrut striker hebat ini. So, kemungkinan besar Eto’o masih akan bertahan di Barcelona, kendati masing-masing sudah tak saling membutuhkan.

Sementara itu kasak-kusuk kepindahan para superstar lainnya ternyata tidak menjadi kenyataan. Frank Lampard, Drogba dan Savchenko masih bertahan di Chelsea. Kaka yang diisukan bakal ke Chelsea juga tetap di AC Milan, Adebayor tidak jadi hengkang dari Arsenal, MU sejauh ini belum berhasil menggaet Berbatov dari Tottenham, dan David Villa masih di Valencia.

Jadi, tampaknya peta kekuatan di jajaran klub-klub elit Eropa tidak akan banyak berubah musim ini. Paling-paling yang bisa menimbulkan perbedaan adalah apabila Ronaldinho berhasil menemukan second wind di Milan, maka klub raksasa Italia ini bakal menjelma kembali jadi kekuatan yang menakutkan di Eropa.

Inter tampaknya akan mengalami penurunan prestasi karena Mourinho akan menghadapi resistensi dari pemain-pemain senior; sedangkan Barcelona masih tanda tanya. Liverpool kemungkinan masih tetap jaub dari gelar juara di Liga Inggris, sebaliknya Arsenal bisa saja berjaya dengan pemain-pemain mudanya.

=====================================================================================

http://www.ayomerdeka.wordpress.com

Iklan

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

6 Tanggapan to “Transfer Pemain Superstar Hanya Ronaldinho”

  1. Atlanta Pontiac Dealers » Blog Archive » Transfer Pemain Superstar Hanya Ronaldinho Says:

    […] Read the rest of this great post here […]

  2. Singal Says:

    Hebat, jadi pengamat dan analis sepakbola nih (sampingan?!) akan tenggelam atau menyelam lebih dalam kah bung Robert?, maksudku terfokus ke sepakbola. Maju terus, lebih giat dan blog ini akan menjadi kunjungan para pelatih sepak bola, semangat!!!

  3. hanggadamai Says:

    ndak superstar ndak papa, tapi inter tetp juara 🙂

  4. Robert Manurung Says:

    @ Singal

    Hehehe…refreshing aja Pak Singal. Soalnya, aku lihat media mainstream kita seperti Kompas, Bola, TopSkor, liputan sepakbolanya kebanyakan hanya mengutak-atik statistik, dan kurang melakukan “pembacaan” terhadap trend atau gejala yang terjadi. Padahal dengan gencarnya pemberitaan TV, mestinya media cetak bisa menyajikan alternatif, yaitu berita dengan kedalaman.

    Di sisi lain, dengan menyajikan tulisan-tulisan mengenai sepakbola di sini, aku berniat “menjebak” para blogger muda untuk secara tidak sengaja membaca mengenai masalah-masalah yang serius; terutama problem sosial kita yang amat dahsyat. Mereka tidak boleh dibiarkan masa bodoh dengan persoalan bangsanya. Setuju kan ?

    @ hanggadamai

    Aku juga menyukai inter dari dulu. Dan menurutku peluang Inter tetap besar untuk kembali berjaya di Seri A. Namun secara pribadi aku menyayangkan terputusnya kesinambungan tim besutan Mancini yang sudah membuktikan kehebatannya.

    Dengan munculnya pelatih baru, Inter pasti butuh adaptasi; padahal seharusnya kalau Mancini masih di sana klub ini tinggal meningkatkan kemampuan bersaingnya di Liga Champion.

  5. heru Says:

    oset ini apa kendak kau ni yo…

    i love u my dfarling rai kau cak toleng……!!!!

  6. Anonim Says:

    elex……………..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: