Bantahan Walikota Jakarta Timur Terhadap Blog Ayomerdeka

Tapi, apakah benar Wali Kota Jakarta Timur H.Murdhani yang meninggalkan komentar di blog ini ? Supaya tidak menjadi teka-teki tanpa jawaban, aku akan berusaha mengkonfirmasi langsung ke Wali Kota Jakarta Timur H.Murdhani, mungkin dengan meminta bantuan kawan-kawan wartawan yang ngepos di Kantor Wali Kota Jakarta Timur.

Oleh : Robert Manurung

PERNAHKAH Anda dengar seorang pejabat tinggi setingkat walikota di Indonesia, memberikan komentar di blog, demi meluruskan pemberitaan atau news commentary mengenai dirinya ? Aku belum pernah mendengar yang semacam itu. Dan aku masih meragukan, apakah ada pejabat kita yang sudah mampu dan mau melakukan komunikasi yang sangat informal dan egaliter di blogsphere.

Oleh karena itulah aku sempat terpana, pada saat memoderasi komentar-komentar yang masuk di blog ini, aku lihat ada komentar dari Walikota Jakarta Timur H.Murdhani. Komentar itu mencantumkan identitas : Walikota Jakarta Timur H.Murdhani, MH, NIP.470039371.

Komentar atas nama Walikota Jakarta Timur itu diletakkan oleh pengirimnya pada artikel “Wali Kota Jakarta Timur Harus Pelajari Lagi Pancasila”. Aku memutuskan menthread komentar itu ke depan ini, karena artikel tersebut sudah jauh di bawah sehingga kemungkinan besar bakal luput dari perhatian Anda.

Sebenarnya komentar tersebut tidak secara langsung menanggapi artikel di blog ini, melainkan membantah berita di Suara Pembaruan yang kemudian jadi pokok ulasanku dalam artikel “Wali Kota Jakarta Timur Harus Pelajari Lagi Pancasila”.

Perlu juga kujelaskan di sini, sampai saat ini aku belum berhasil melakukan konfirmasi langsung kepada Saudara H.Murdhani atau ke Kantor Waki Kota Jakarta Timur. Alhasil, aku belum dapat memastikan apakah benar komentar itu dari Walikota Jakarta Timur yaitu Saudara H Murdhani. Untuk sementara ini aku hanya bisa menduga bahwa komentar itu dimasukkan ke blog ini oleh staf Wali Kota Jakarta Timur atas perintah Saudara H.Murdhani.

Mungkin Anda bertanya, kalau memang belum dikonfirmasi, kenapa aku menthread komentar sang wali kota ? Apakah aku kegeeran, merasa tersanjung sebagai blogger karena mendapat tanggapan dari seorang pejabat tinggi setingkat wali kota ?

Kegeeran jelas tidak, tapi merasa senang memang iya. Aku punya dua alasan untuk itu :

Pertama : karena pemberi komentar atas nama Walikota Jakarta Timur itu membantah berita media massa yang kemudian aku ulas di blog ini : bahwa seolah-olah H.Murdhani telah mengeluarkan pernyataan yang meminta agar kalangan minoritas (Kristen) tahu diri. Hal ini terkait dengan Insiden Pinang Ranti, di mana warga sekitar menyerang STT SETIA dan menuntut supaya di sekolah pendeta itu ditutup.

Kedua : Kalau memang benar komentar bantahan tersebut datangnya dari Saudara H.Murdhani, atau setidak-tidaknya atas suruhan Wali Kota Jakarta Timur itu, aku menyambutnya dengan rasa senang dan respek. Bagus sekali kalau pejabat tinggi kita sudah mampu dan mau berkomunikasi secara informal dan egaliter di blogsphere. Ini pertanda demokratisasi di negeri tercinta ini sudah mulai berbuah.

Tapi, apakah benar Wali Kota Jakarta Timur H.Murdhani yang meninggalkan komentar di blog ini ? Supaya tidak menjadi teka-teki tanpa jawaban, aku akan berusaha mengkonfirmasi langsung ke Wali Kota Jakarta Timur H.Murdhani, mungkin dengan meminta bantuan kawan-kawan wartawan yang ngepos di Kantor Wali Kota Jakarta Timur.

Konfirmasi bisa juga dilakukan oleh pihak Wali Kota Jakarta Timur, dengan dua cara, yaitu mengirim email ke robertmanurung@yahoo.com atau mengirim SMS ke 0815 8657 0123. Hanya SMS saja, karena aku tidak pernah mengangkat panggilan dari nomor telepon yang tidak terdaftar di HP aku.

Nah, silakan baca komentar atas nama Wali Kota Jakarta Timur H.Murdhani di bawah ini :

  1. Walikota Jaktim Berkata:
    1 September, 2008 pukul 9:19 am suntingSehubungan dengan pemberitaan di harian Suara Pembaruan tanggal 29 Juli 2008, dengan judul berita: Jamin Aktivitas Belajar di STT Setia, dimana dalam isi berita tersebut ditulis peryataan Walikota Jakarta Timur H. Murdhani yang meminta warga minoritas menyadari keberadaannya, dengan ini kami memberikan klarifikasi tentang isi pemberitaan tersebut sebagai berikut:

    1. Bahwa Walikota Jakarta Timur H. Murdhani tidak pernah mengeluarkan pernyataan yang meminta warga minoritas menyadari keberadaannya.
    2. Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur tetap mengayomi warganya yang bertikai dan tidak memihak kepada salah satu pihak.
    3. Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur berupaya agar aktivitas kuliah mahasiswa tetap terlaksana dengan menyiapkan lokasi penampungan sementara di Wisma Transito Jakarta Timur.

    Demikian klarifikasi pemberitaan ini disampaikan dan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    WALIKOTA JAKARTA TIMUR

    Drs. H. MURDHANI, MH
    NIP. 470039371

==================================================================

http://www.ayomerdeka.wordpress.com

Iklan

Tag: , , , , , , , , ,

7 Tanggapan to “Bantahan Walikota Jakarta Timur Terhadap Blog Ayomerdeka”

  1. Sawali Tuhusetya Says:

    sebuah kemajuan tentu saja kalau ada seorang pejabat mau ikut2an masuk dalam ranah blog, bung robert. lepas dari substansi isinya, setuju atau tidak setuju, kesadaran utk merespon dalam sebuah wacana merupakan salah satu nilai demokrasi yang layak dibudayakan, bukan main ancam, apalagi teror. diskusi dng argumen2 yang logis, jelas akan lebih terhormat dan bermartabat.

  2. mahma mahendra Says:

    diluar semua masalah yang ada. salut (kalau memang benar itu walikota) karena ad pejabat yang mau komunikasi langsung dengan masyarakatnya. gak nunggu waktu pilkada

  3. JalanSutera.com™ Says:

    mungkin humas Pemda kali…

  4. saut Says:

    bang manurung konfirm ke suara pembaharuan, apa benar mereka mempunyai bukti yang kuat ? rekaman pembicaraan/wawancara mungkin ada. kalau ada agar diekspos kembali sehingga walikota jaktim harus klarifikasi ke suara pembaharuan bukan ke abang. saya juga punya berita ttg walikota jaktim. masalah moralitas manusia. thanks

  5. saut Says:

    coba abang konfirmasi dugaan kelakuan walikota jaktim dengan istri supirnya. apa benar ? minta aja masukan dari orang – orang dekatnya, wartawan pemda jaktim, dan yang paling gres dari ibu-ibu pkk. itu cerita lama tapi belum tahu kebenarannya… tolong abang konfirmasi kebenarannya dulu…

  6. Van el-Kindy Says:

    Ikutan koment ya bung.
    Ini sekedar analisa sy. Kalo di lihat dari subtansi isinya, saya percaya itu opini dari pihak wali kota jaktim. Bahasanya juga cukup formal. Dan ada istilah baku yg digunakan. Seperti kata “administrasi”. Ini istilah resmi penyebutan nama instansi walikota di wilayah DKI. Biasanya istilah ini jarang sekali dipake sama media utk penyebutan.

    Tapi sy ragu, kalo yg memposting pak wali kota langsung. Sy setuju mungkin barangkali hanya stafnya.

    Tapi itu pun, sy kira isinya tidak hanya ditujukan utk koment di blog ini. Mungkin saja hanya forward dr koment utk yg lain.

    salam…

  7. Alessa Says:

    Kalau memang benar, bagus banget tuh !, tapi kenapa juga dia gak konfirmasi ulang melalui media TV. Kan lebih meyakinkan tuh..

    Cheers,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: